RAKERNAS KEMENTERIAN ATR ATAU BPN 2022 MOMENTUM PERKUAT INTEGRITAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PERTANAHAN DAN TATA RUANG

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 secara daring dan luring bertempat di Shangri-La Hotel, Jakarta. Mengusung tema “Memperkuat Integritas untuk Meningkatkan Kualitas Layanan”, Rakernas ini diselenggarakan mulai Senin, 21 Maret 2022 s.d. Kamis, 24 Maret 2022 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Rakernas Kementerian ATR/BPN ini juga menjadi momentum untuk mengapresiasi capaian kinerja Tahun 2021. Menteri ATR/Kepala BPN membuka sekaligus memberikan arahan mengenai tugas dan kepentingan lain yang perlu ditindaklanjuti dengan segera. Sofyan A. Djalil dalam kesempatan ini mendorong jajarannya untuk menjaga kinerja agar tetap berkualitas meski banyak penyesuaian akibat pandemi Covid-19.

Berkaitan dengan isu strategis bidang penataan ruang, yaitu percepatan RDTR dan KKPR untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang mendorong pemulihan ekonomi nasional. Beliau menyampaikan bahwa dengan bergabungnya tata ruang ke dalam BPN, ATR/BPN menjadi ujung tombak Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR). KKPR ini akan menentukan status tanah di lapangan.

Pada pembukaan Rakernas Kementerian ATR/BPN Tahun 2022, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian ATR/BPN dengan BPJS Kesehatan tentang sinergi tugas dan fungsi di bidang agraria/pertanahan, tata ruang, dan Jaminan Kesehatan Nasional. Hal ini terkait dengan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Turut hadir memberi sambutan saat pembukaan, Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim POLRI), Komisaris Jenderal Agus Andrianto; Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diwakili oleh Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan; dan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti.

Sebagai bentuk keterbukaan informasi, dalam Rakernas Kementerian ATR/BPN tahun 2022 juga terdapat wadah tanya jawab, yakni konferensi pers dengan narasumber Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, turut serta mendampingi, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Agenda hari pertama dilanjutkan dengan pemberian materi oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian ATR/BPN. Lalu, untuk hari berikutnya diadakan diskusi kelompok yang dibagi menjadi 3 (tiga) sesi diskusi. Diskusi Kelompok 1 dengan bahasan Integritas Pelaksanaan PTSL, Layanan Elektronik, dan Penanganan Kasus Pertanahan untuk Menghasilkan Layanan yang Berkualitas; Diskusi Kelompok 2 dengan bahasan Integritas Pelaksanaan Reforma Agraria, Pengadaan Tanah, dan Penyiapan Aset Bank Tanah untuk Menghasilkan Layanan yang Berkualitas; dan Diskusi Kelompok 3 dengan bahasan Integritas Penyelenggaraan Penataan Ruang bagi Pembangunan yang Berkualitas

Sebagai informasi, Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan telah memberikan rekomendasi potensi tanah di masing-masing wilayah kepada Badan Bank Tanah. Kerja sama antara Kementerian ATR/BPN dengan Badan Bank Tanah bertujuan untuk optimalisasi tanah dan akselerasi ekonomi berkeadilan. Beberapa kolaborasi yang dilakukan seperti, kolaborasi menjalankan program Reforma Agraria, Economically self Sustained, Organically Growing, serta Pengembangan, Pemeliharaan, Pengamanan, dan Pemanfaatan Tanah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 64 Pasal 10.

Penyelenggaraan Rakernas Kementerian ATR/BPN Tahun 2022 merupakan sarana evaluasi kinerja serta penekanan fokus rencana aksi secara konkret bagi seluruh pegawai ke depannya. Sofyan A. Djalil pada penutupan Rakernas akan memberikan penghargaan bagi jajarannya yang telah melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Harapannya, seluruh insan di Kementerian ATR/BPN, baik pusat maupun daerah paham betul dan bertanggung jawab akan tugasnya masing-masing. Sehingga, Kementerian ATR/BPN dapat terus memperkuat integritas untuk wujudkan layanan pertanahan dan tata ruang yang berkualitas bagi masyarakat.

Adapun hadir secara langsung sebagai peserta, seluruh Pejabat Eselon 1 dan 2 di Kementerian ATR/BPN, serta para Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi se-Indonesia, Pejabat Administrator Kantor Wilayah BPN Provinsi, dan beberapa perwakilan Kepala Kantor Pertanahan. Rakernas Kementerian ATR/BPN Tahun 2022 juga diikuti secara daring oleh para Pejabat Administrator di lingkungan Kantor Wilayah BPN Provinsi hingga Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota.**

#DitjenTataRuang
#BersamaMenataRuang

Subbag Umum dan Publikasi, Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang
Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

Twitter, Instagram, Tiktok: @DitjenTataRuang
Facebook, Youtube: Ditjen Tata Ruang
Situs: tataruang.atrbpn.go.id

 

Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang